Rabu, 28 September 2016

5 Manfaat Daun Sukun yang Baik untuk Kesehatan


Apakah Anda tahu bahwa daun sukun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan? Manfaat daun sukun untuk kesehatan cukup efektif dalam mengobati beberapa penyakit kronis. Tidak hanya buah sukun saja yang dapat dimanfaatkan. Daun sukun juga memiliki manfaat, bukan sebagai makanan yang enak dimakan tetapi dapat menjadi bahan utama pembuatan obat tradisional. Obat tradisional yang terbuat dari daun sukun ini cukup efektif dan terbukti ampuh dalam mengobati beberapa penyakit. Bagi Anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dari daun sukun simak ulasan berikut ini.

Mengobati asam urat
Manfaat daun sukun yang pertama yaitu dapat dijadikan obat asam urat. Untuk mengobati penyakit asam urat Anda harus memilih daun sukun yang masih segar, tidak berlubang dan juga mulus. Setelah itu cuci hingga bersih, potong kecil-kecil dan keringkan dengan cara dijemur. Setelah kering, seduh daun sukun tersebut menggunakan air panas. Anda juga dapat menambahkan daun greges otot. Diamkan beberapa saat dan saring, minum airnya setelah dingin. Anda dapat menambahkan madu asli atau gula batu untuk memberikan rasa manis. Minum obat tradisional ini 2 kali sehari.

Mengobati penyakit ginjal
Manfaat daun sukun untuk ginjal ini dapat Anda peroleh dengan meminum rebusan daun sukun secara teratur. Sama halnya dengan cara sebelumnya, pilih daun terbaik untuk dipotong-potong dan dikeringkan. Hanya saja daun sukun kering ini direbus, bukan diseduh.

Mengobati penyakit jantung
Manfaat lain daun sukun yaitu dapat mengobati penyakit jantung. Bagi Anda yang memiliki gangguan jantung dapat mengkonsumsi obat tradisional dari daun sukun. Untuk memperoleh manfaat daun sukun dalam menyehatkan jantung ini, Anda dapat memilih daun sukun yang sudah tua. Pastikan daun sukun tersebut masih menempel di pohonnya. Bersihkan dengan air kemudian dijemur hingga kering. Rebus daun sukun tersebut menggunakan 5 gelas air bersih, rebus sampai air yang tersisa hanya tinggal setengahnya saja. Minum secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Mengobati penyakit diabetes
Daun sukun juga bermanfaat untuk mengatasi dan mengobati penyakit diabetes. Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya, rebus daun sukun yang sudah tua menggunakan air bersih. Tunggu sampai airnya tinggal setengahnya saja dan minum secara teratur. Manfaat daun sukun untuk diabetes ini dapat Anda peroleh secara maksimal dengan mengkonsumsi obat tradisional daun sukun secara teratur di pagi hari.

Mengobati penyakit lever
Khasiat atau manfaat lain dari daun sukun yaitu dapat mengobati penyakit lever. Penyakit lever termasuk salah satu penyakit berbahaya dan mematikan. Untuk mengobati penyakit lever, Anda dapat meminum air rebusan daun sukun kering 2 kali sehari. Manfaat daun sukun untuk mengobati penyakit lever ini dapat Anda peroleh secara maksimal dengan konsumsi secara rutin dan teratur. Dalam 1 kali minum dosisnya adalah 1 gelas air rebusan daun sukun kering. Baca juga manfaat daun binahong bagi kesehatan.

Ada banyak manfaat daun sukun yang dapat Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan Anda. Selain mengetahui manfaat dari daun sukun, ada baiknya jika Anda juga mengetahui kandungan yang ada dalam daun sukun. Zat yang terkandung dalam daun sukun diantaranya yaitu tanin, asam hidrosinat, riboflavin dan juga asetilcolin. Zat-zat tersebut bermanfaat melawan sumber penyakit yang berbahaya dalam tubuh manusia. Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh sehat, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan daun sukun sebagai bahan utama pembuatan obat herbal. Sekian mengenai manfaat daun sukun, dapatkan kesehatan tubuh Anda dengan langkah mudah.

Sumber inimanfaat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar