Rabu, 28 September 2016

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Anda tentu sudah mengenal buah sirsak dengan cukup baik. Buah ini adalah buah yang enak dan manis sering kita jumpai di pasar atau supermarket. Sirsak juga punya harga yang relatif murah dibanding dengan buah yang lain. Sayangnya buah yang satu ini adalah buah Musiman yang tak setiap saat bisa muncul dan dibeli. Namun baru-baru ini ternyata sirsak tak hanya bermanfaat buahnya namun daunnya pun kini punya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat daun sirsak bagi tubuh manusia beragam dan bermacam-macam fungsinya. Bahkan kini di banyak jamu dan obat herbal banyak ditemukan manfaat yang bisa diperoleh dari daun tersebut.

Beragam Manfaat Daun Sirsak untuk kesehatan
Ada banyak manfaat daun sirsak yang salah satunya dan paling populer adalah untuk pengobatan penyakit diabetes melitus atau penyakit yang disebabkan oleh naiknya gula darah dalam darah yang tak terkendali akibat dari defisiensi insulin yang berakibat pada kerusakan dan gangguan fungsi jaringan serta organ tubuh manusia tersebut. Daun sirsak punya senyawa aktif yang mampu menurunkan tingkat kadar gula darah dengan memicu produksi insulin yang lebih optimal sehingga gula darah bisa lebih terkontrol.

Manfaat daun sirsak yang lain bagi kesehatan adalah sebagai obat kanker. Memang penyakit yang satu ini menjadi momok yang menakutkan bagi kita semua. Bagaimana mungkin tidak kanker sulit sekali diobati terlebih jika perkembangan penyakitnya sudah berlanjut ke stadium lanjutan. Daun sirsak punya manfaat membunuh sel-sel kanker bahkan lebih kuat dibandingkan dengan kemoterapi atau radioterapi. Reaksi ini disebut sebagai apoktosis atau proses mematikan sel dengan cara alami dan sangat tidak berefek layaknya penggunaan bahan kimia pada kemoterapi bahkan radiasi.

Manfaat daun sirsak juga selain mampu menjadi bahan anti kanker dan penurun kadar gula darah juga bagus bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi tersebut memacu berbagai macam penyakit kronik dan menahun seperti penyumbatan arteri, jantung koroner bahkan stroke. Tentu saja hal tersebut tak diinginkan oleh kita semua sebagai manusia. Kita ingin hidup kita tetap berkualitas baik hingga akhir hayat menjemput kita. Hal tersebut lumrah terjadi karena penyakit-penyakit kronis sebenarnya bukanlah penyebab kematian kita karena setiap orang sudah pasti akan mati di waktunya namun setidaknya kita berusaha agar sampai kita mati kita tak mengalami penyakit yang tak hanya kan banyak memakan biaya namun juga merepotkan keluarga.

Manfaat daun sirsak akan lebih efektif dengan mengkombinasikanya dengan buah manggis sebagai buah ajaib yang banyak dibicarakan banyak orang. Keistimewaan buah tersebut terletak pada tingginya kandungan antioksidan dan beragam senyawa aktif dibandingkan buah-buah yang lain. Buah-buahan tersebut tidak setinggi kandungannya dibandingkan dengan buah manggis. Kombinasi keduanya terbukti efektif mengobati beragam penyakit berbahaya seperti hipertensi dan diabetes melitus. Yang terpenting ketika mengonsumsi daun sirsak adalah tetap menghindari berbagai macam pantangan yang dianjurkan oleh dokter serta tak boleh meneruskan gaya hidup yang kurang sehat.

Nah, sekarang anda sudah tahu manfaat daun sirsak bagi kesehatan anda. Semoga anda bisa mengambil manfaat dari daun sirsak tersebut. Untuk pengobatan diabetes melitus ambilah 10 lembar daun sirsak dan rebus dengan 4 gelas air mendidih. Campurkan dengan 2 ruas jari temulawak dan satu ruas kunyit untuk menambah efek anti infalamsi.

Sumber inimanfaat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar