Rabu, 28 September 2016

Manfaat daun sambiloto bagi kesehatan
Manfaat daun sambiloto bagi kesehatan - Daun sambiloto dalam bahasa latin disebut dengan nama Andrographis paniculata. Daun ini bisa tumbuh dimana saja di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Daun sambiloto mempunyai rasa khas yaitu rasa pahit. Rasa pahit ini berasal dari zat andrographolide yang berada pada daun sambiloto. Walau andrographolide terasa pahit tetapi bersifat melindungi hati. Efek negatif obat galaktosamin dan parasetamol bagi hati bisa di proteksi daun sambiloto, sehingga hati tetap sehat tanpa ada gangguan obat tadi.

Karena kandungan zat ini dalam daun sambiloto, maka manfaat daun sambiloto bisa untuk menurunkan enzim CDK4 yang diketahui sebagai penyebab kanker dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.
Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto
Manfaat lain daun sambiloto adalah sebagai pencegah radang, memperlancar air seni (diuretika), bermanfaat untuk kencing manis, dan terkena racun. Sementara kalium yang ada dalam daun sambiloto bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Manfaat kesehatan lainnya dari daun sambiloto adalah sebagai obat tradisional untuk menurunkan diabetes/kadar gula darah.

Selain dari khasiat di atas, daun dengan nama latin Andrographis paniculata ini ampuh dijadikan sebagai ramuan untuk mengobati penyakit tifus. Caranya yaitu dengan cara mengambil 10-15 daun sambiloto dan direbus sampai mendidih, kemudian airnya diminum.

Inilah sekilas manfaat dari daun sambiloto untuk kesehatan, semoga bermanfaat

Sumber tips dan inspirasi berkebun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar