Rabu, 28 September 2016

Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan


Manfaat Daun Bawang – Anda pasti sudah sering melihat daun bawang di kulkas atau dapur rumah Anda. Daun ini sering digunakan sebagai penyedap masakan. Seperti yang Anda ketahui, daun bawang memiliki bentuk yang berbeda dari tumbuhan pada umumnya, ia memiliki bentuk menyerupai batang namun bertekstur sangat lunak. Ternyata terdapat 2 jenis daun yang bisa Anda temui yaitu daun bawang semprong atau bakung, dalam bahasa latin, ia sering disebut sebagai allium fistulosum. Jenis daun bawang yang kedua ialah leek atau prei dalam bahasa latin ia mempunyai sebutan allium porrum. Keduanya mempunyai ciri yang sangat berbeda. Untuk daun bawang semprong ia memiliki umbi kecil, daunnya bulat dan panjang, bawang semprong ini juga mempunyai lubang seperti pipa. Sedangkan untuk leek, ia tidak memiliki umbi.


Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan
Sejak awal, manfaat daun bawang memang sudah terkenal. Selain daun bawang digunakan untuk menyedapkan masakan, ternyata daun bawang juga memiliki fungsi sebagai obat. Lantas seperti apa khasiat dan manfaat dari daun bawang ini?

Pencegah anemia

Daun bawang memiliki kandungan zat besi yang dapat meningkatkan produksi darah yang berada di dalam tubuh. Bila Anda mengalami kekurangan darah, Anda bisa mencoba mengkonsumsi daun bawang ini. Kandungan ferroportin di daun bawang inilah yang menyimpan zat besi. Saat pengonsumsian, Anda dapat menambahkannya di dalam sup.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat utama yang bisa Anda rasakan Dari daun bawang, ia mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bagian bawah bawang yang memiliki warna putih mempunyai kandungan allicin. Allicin ini adalah senyawa belerang yang memberi aroma tajam di daun bawang. Senyawa ini yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baik bagi jantung

Daun bawang sangat terkenal untuk menyehatkan jantung. Ia mengandung polysulfides yang akan melindungi Anda karena penyakit jantung. Sayuran ini mempunyai beragam manfaat dikarenakan ia mengandung banyak sekali mineral. Mineral yang berada di dalamnya memiliki fungsi mempertahankan HDL atau kadar kolesterol baik di tubuh. Mineral lain juga akan ada untuk membuat jantung lebih sehat.

Menjaga kekuatan tulang

Vitamin K, ternyata juga terdapat di daun bawang. Vitamin K ini sangat penting demi menjaga kesehatan tulang, ia dapat membantu regulasi sel, dan membantu mencegah demineralisasi di tulang. Ini juga membantu karena adanya produksi protein yang sering disebut osteocalcin, yang begitu penting sebagai penjaga kepadatan mineral dalam tulang agar tidak mudah terjadi berbagai macam penyakit di tulang.

Menyehatkan pencernaan

Mengapa daun bawang bisa menyehatkan pencernaan? Hal ini dikarenakan kandungan serat yang begitu baik di dalam daun bawang. Seperti yang kita ketahui, serat memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit. Jadi, ketika Anda mengalami sembelit, Anda bisa mengkonsumsi daun bawang sedikit lebih banyak.

Baca juga artikel berikut ini: Manfaat Bawang Merah untuk Rambut.

Mencegah diabetes

Daun bawang memiliki kandungan phyto-kimia, phyto-kimia ini adalah allium serta alil disulfida, ia mempunyai sifat pencegah diabetes. Zat yang satu ini sangat ampuh untuk mencegah degradasi insulin di tubuh serta meningkatkan metabolisme glukosa. Oleh sebab itu, tidak ada larangan khusus bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi daun bawang.

Baca juga artikel ini: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan.

Anti bakteri

Tahukah Anda kandungan dari warna hijau yang berada di daun bawang? Ternyata warna hijau ini mempunyai kandungan anti bakteri serta anti peradangan, dan untuk bagian putih di daun bawang, ia mempunyai sifat untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi yang sering menyerang tubuh

Sumber manfaatnyasehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar